Minggu, 06 Oktober 2013

Teka teki Batara Narada kepada Batara Guru

Teka teki Batara Narada kepada Batara Guru

Alkisah dalam perwayangan diceritakan, suatu ketika Batara Narada ( salah seorang anggota Dewa dari Kahyangan turun kedunia dan dia kemudian bertapa di sebuah samudra di bumi. Karena tapanya yang sangat khusuk maka kesaktian dan gemanya sampai mengetarkan Kahyangan. Melihat keguncangan alam tersebut maka Batara Guru sebagai pemimpin para dewa di kahyangan memerintahkan para dewa untuk menghintikan proses pertapaan dari Batara narada.
Dari semua dewa yang diutus ternyata tidal satupun dewa yang berhasil, alhasil maka Betara Guru sendirilah yang kemudian turun ke bumi, dan memerintahkan agar tapanya segera dihentikan.
Batara narada menyanggupi Batara Guru akan menghentikan proses tapanya apabila dia berhasil menjawab tiga Teka Teki yang diajukannnya. 
Teka teki itu adalah
1. Apakah yang bisa lebih panas dari Api ?
2. Watak bagaimanakah yang disebut sebagai watak Utama ?
3. Apakah yang bisa memabukkan selain Arak ( minuman beralkohol ), Candu ( narkotika ) dan Talas Gadung ( makanan memabukkan yg mengandung racun )?
Setelah berpikir dengan lama Batara Gurupun ternyata Gagal menjawabnya.
Dan kemudian Batara Narada memberitahu jawabannya.
1. Yang bisa lebih panas dari api adalah hati manusia, apabila hatinya mengikuti dendam dan Angkara Murka.
2. Yang disbut sebagai watak utama adalah rasa kasih sayang terhadap sesama makhluk hidup ciptaan yang Kuasa agar dicapai kedamaian dan ketentraman.
3. Sedang yang bisa memabukkan selain Arak, Candu dan Gadung adalah Kecantikan, Ketampanan, Harta , Derajat dan Kekuasaan.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar