Senin, 30 September 2013

Berkembang & Tumbuh dengan Alami ( To Grow Naturally )

Berkembang & Tumbuh dengan Alami 

Berkembang & Tumbuh dengan Alami ( To Grow Naturally )
Alkisah ada Seorang anak yang sedang bermain di sekitar sawah milik ayahnya. Ketika sedang beristirahat dia pun kemudian memandang sawah dan tunas tunas tanaman padi milik ayahnya yang baru saja ditanam. Dalam hati kemudian dia berpikir, "alangkah bagusnya kalau aku bisa membantu ayahku agar cepat panen dan membuat tanaman padi ini cepat membesar, dengan padi yang cepat membesar dan cepat panen maka aku semakin cepat dibelikan mainan yang dijanjikan Ayahku" Lalu tanpa berpikir panjang dia pun lalu terjun ke sawah dan mulai menarik batang tunas padi sedikit keatas. dan dengan senyum yang lebar dia pun sangat puas dengan hasil jerih payahnya karena tanaman padi sekarang jadi kelihatan tampak lebih panjang. 
Alangkah terkejutnya esok hari ketika Petani kembali ke sawah karena sebagian besar tanaman padi yang dia tanam menjadi Layu dan Mati, dan akhirnya tahulah dia penyebabnya. setelah sampai dirumah si anak bercerita dengan bangganya.
Cerita diambil dan diceritakan kembali dari Cerita Rakyat Cina
Periode Musim Semi dan Musim Gugur ( 776 SM - 276 SM )

Selayang Pandang

Kadang Kala Kita pun berbuat seperti yang dikerjakan anak petani tersebut, Ingin sesuai hasil yang cepat dan instan. dan Konyolnya hal instan dan cepat itu ditempuh dengan cara yang tidak benar dan kadang memaksakan diri. Misalnya saja karena keuangan terbatas maka kita memaksakan diri untuk mengambil hutang atau cicilan, dan uang hasil hutang tersebut kita belikan barang konsumtif, yang tidak bernilai ekonomi atau menghasilkan, bila memang sudah direncenakan maka tidak menjadi masalah akan tetapi bila perhitungan kita tidak cermat maka hal itu akan menyengsarakan diri kita sendiri bukan.
Seperti Kalimat yang tertulis pada buku 
Tao Tee Cing Karya Lao zhi ( 400 SM )

  • Orang yang berdiri berjinjit maka dia tidak akan dapat berdiri dengan lama.
  • Orang yang berjalan dengan mengambil langkah yang terlalu lebar maka dia akan Jatuh.

Semoga Bermanfaat   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar