Rabu, 02 Oktober 2013

Merendahkan Diri untuk mencapai Tujuan yang lebih Besar

Merendahkan Diri untuk mencapai Tujuan yang lebih Besar

Merendahkan Diri untuk mencapai Tujuan yang lebih Besar
Pada akhir masa Periode Negara Negara Berperang ( 476SM - 221SM ), Atas Jasanya berdebat Lin Xiang Ru, seorang diplomatik negara Zhao berhasil menggalakan upaya Kerajaan Qin untuk menginvasi negaranya. atas Jasa besarnya tersebut maka dia diangkat Menjadi Mentri Senior. sebuah jabatan yang lebih tinggi dari Jendral Lian. ( Jendral Lian adalah Jendral Senior yang tel;ah berpuluh puluh tahun mengabdi dan berjasa besar di negara Zhao)
Betapa Murkanya Jendral Lian karena merasa diperlakukan tidak adil. karena dia berjasa besar dalam bidang militer dalam sekejab mata harus menjadi bawahan seorang yang hanya pandai bersilat lidah. Mengetahui hal ini Lin Xiang Ru memutuskan untuk menghindar, dia bahkan sampe harus sering menghindari rapat rapat demi menghindari agar ketika rapat dia tidak harus duduk di kursi yang lebih senior dari sang jendral.
Suatu waktu ketika sedang naik kereta kuda, dia akan berpapasan dengan kereta sang jendral, dia pun lalu menyuruh Kusir kereta untuk minggir dan berbelok ke jalan Kecil, untuk menunggu agar kereta sang jendral lewat. Melihat hal ini Bawahan Lin Xiang Ru pun Protes mengapa harus menghindar? Lalu Jawab Lin Xiang Ru, "Kita sama sama mengabdi pada negara Zhao, dan apabila saya dengan menuruti ego harus melawan jendral Lian, maka salah satu dari kita pasti akan ada yang kalah dan dipermalukan, sementara Jendral Lian masih diperlukan negara ini dan kewibawaannya juga disegani oleh negara Qin, Ibarat ada dua harimau berkelahi maka keduanya pasti akan terluka atau salah satu ada yang mati."
Ketika hal ini tersiar sampe ke telingga jendral Lian, Betapa malunya dia ( karena memang dasarnya dia adalah orang patriotik) lalu segera dia menemui Lin Xiang Ru untuk meminta maaf dan kemudian berikrar menjadi sahabat sampai mati.

Selayang Pandang

Sebuah Kisah yang pantas menjadi Panutan dan di contoh sayangnya hal ini jarang terjadi di negara kita, di negara kita banyak orang bertikai dan saling menistakan kelompok lain demi Gengsi dan kepentingan Kelompoknya sendiri.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar